psikologi

Psikoterapi Nondual

“Pendekatan nondual untuk terapi dan penyembuhan membuat penyimpangan radikal dari bentuk psikoterapi yang lebih konvensional. Terapi nondual didasarkan pada kemungkinan bahwa kita memiliki semua yang kita butuhkan, hanya berdasarkan kesadaran … Pendekatan nondual berinvestasi dalam penyembuhan kekuatan pikiran yang tidak terkondisi. ”
–Peter Fenner, Ph.D., Cermin Suci

Mendekati masalah sepenuhnya dari ego-mind dapat menghasilkan beberapa wawasan serta beberapa perbaikan dalam situasi Anda, dan dalam kemampuan Memilih Psikoterapi untuk Mengelola Anda untuk menangani masalah hidup Anda. Namun, itu tidak menghasilkan kebebasan sama sekali dari mereka. Perubahan yang dihasilkan oleh wawasan seringkali bersifat sementara dan masih ada identitas terkondisi yang akan terus menciptakan masalah dan penderitaan dengan cara yang lebih halus dan kreatif.

Apa yang saya tunjukkan di sini adalah solusi yang lebih dalam – solusi yang membebaskan kita dari seluruh identitas terkondisi sejak awal. Apakah Konseling, Psikoterapi, Life Coaching di Semarang kita mengetahuinya atau tidak, yang sebenarnya kita inginkan adalah kebebasan dari identifikasi dengan apa yang pada awalnya menciptakan penderitaan. Inilah perbedaan antara menata ulang furnitur di sel penjara agar lebih nyaman versus keluar dari sel sama sekali.

Dalam ranah nondual, realitas absolut, psikoterapi tidak relevan karena tidak ada diri yang terpisah untuk menerimanya dan tidak ada masalah untuk dikerjakan atau dipecahkan. Namun, ada juga ekspresi realitas relatif. Ada realitas absolut dan relatif; mereka adalah dua sisi dari satu mata uang. Seorang terapis yang memiliki pemahaman ini memegang keduanya pada saat yang bersamaan.

Jika kita mengatakan bahwa psikoterapi tidak diperlukan karena tidak ada diri atau masalah individu, maka kita terjebak pada sisi dualitas yang absolut. Jika kita hanya fokus pada diri dengan masalah yang harus diperbaiki tanpa mengenali apa yang sudah ada dan bebas, maka kita terjebak di sisi lain dualitas. Dalam kedua kasus kami gagal untuk memperhatikan kebenaran nondual bahwa mereka adalah dua aspek dari kesadaran yang sama. Dari sudut pandang yang tercerahkan, kesadaran nondual, ada pandangan baru yang segar yang luas dan mencakup semua.

Pandangan ini tidak mengabaikan ketidakpuasan hidup kita dan masalah jiwa kita; namun, ini memandang mereka dari perspektif yang jauh lebih besar. Pandangan ini tidak memahami sesuatu dalam kerangka apa yang salah. Tujuannya bukan untuk mengubah apa yang ada, tetapi untuk membangkitkan kebenaran tentang apa adanya. Dan dari sana, apapun yang perlu diubah akan berubah dengan sendirinya. Apa yang tidak bermanfaat bagi kita hanya dilepaskan ketika bertemu dengan kebijaksanaan dan kasih sayang dari keberadaan sejati kita. Seperti yang dikatakan Adyashanti, “Ketika pengkondisian muncul, jika tidak diklaim sebagai” milikku “, ia muncul dalam keadaan yang tidak terbagi. Ketika pengkondisian bertemu dengan keadaan yang tidak terbagi, terjadi transformasi alkimia. Ada keajaiban suci.”

Penting untuk dicatat bahwa psikoterapi yang mencakup kebijaksanaan nondual tidak akan pernah bisa menjadi metode atau teori lain. Ini tentang bekerja dari Misteri Tidak Dikenal itu sendiri dan yang tidak dapat dipetakan dengan jelas dan dikonkretkan sebagai sebuah metode. Itu adalah sesuatu yang terbentang dari yang tidak diketahui, baru dan segar setiap saat. Nondualitas tidak pernah bisa dibatasi atau dibatasi oleh teori, teknik atau metode. Juga, kesadaran nondual tidak dapat dibatasi atau didefinisikan sebagai solusi untuk masalah. Faktanya, kesadaran ini tidak dibatasi dengan cara apapun. Itu bisa dan memang menggunakan apa saja untuk mengarahkan kita ke sifat sejati kita. Itu adalah sumber dan substansi dari semua itu.

Kesadaran nondual pada akhirnya adalah semua yang dibutuhkan untuk membebaskan kita dari penderitaan dan masalah psikologis. Itu sudah bebas dari penderitaan dan menunggu dengan tenang, dengan sabar untuk ditemukan. Semua solusi lain pada akhirnya bersifat sementara atau dangkal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *