Olahraga

Berenang Sebagai Kegiatan Rekreasi – 7 Fakta Berenang Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Berenang adalah salah satu bentuk olahraga yang paling aman dan efektif. Hampir tidak mungkin cedera saat berenang dan ini juga merupakan latihan yang bagus untuk tubuh Anda. Apakah Anda sedang mencoba menurunkan berat badan atau menjaga kebugaran tubuh, berenang memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada siapa saja. Berikut adalah 7 fakta tentang rekreasi renang yang mungkin atau mungkin tidak Anda ketahui.

  • Anda bisa berenang untuk olahraga berapa pun usia Anda. Beberapa orang mengajari bayi dan balita mereka cara berenang sehingga mereka akan belajar mencintai dan menghargai air sejak usia dini. Saya juga mengenal orang-orang berusia delapan puluhan yang berenang secara teratur untuk menjaga kebugaran.
  • Diperkirakan 65 ribu orang di Amerika Serikat saja tidak tahu cara berenang. Banyak dari mereka belajar sejak kecil tetapi tidak pernah pergi ke kolam renang, danau, sungai, atau laut lagi dan lupa bagaimana berenang selama bertahun-tahun. Yang lain tidak pernah diajar dan terus menghindari aktivitas sama sekali. Dulu mengira bahwa mengetahui cara berenang itu penting untuk alasan keamanan, tetapi sekarang semuanya tergantung pada individu.
  • Berenang di air yang sangat dingin bisa sangat berbahaya. Orang dengan kondisi jantung atau penyakit lain, serta orang lanjut usia, sebaiknya menghindari berenang di air yang terlalu dingin. Air dingin mendinginkan tubuh manusia 25 kali lebih cepat daripada udara dingin, jadi berenang di air yang bersuhu di bawah 15 derajat Celcius tidak boleh dilakukan. Hal ini dapat menyebabkan sengatan panas, hipotermia, dan akhirnya kematian.
  • Berenang juga merupakan bentuk olah raga yang sangat aman karena berdampak rendah dan mudah pada tulang dan persendian. Anda dapat melakukan latihan di air menggunakan pelampung dan beban dan menikmati latihan yang baik tanpa mengkhawatirkan cedera serius. Ini terutama benar jika Anda menderita radang sendi atau jenis keterbatasan fisik lainnya.
  • Memang benar bahwa Anda tidak boleh berenang sekitar satu jam setelah makan. Ini terutama karena tubuh Anda sedang mencerna makanan Anda dan Anda mungkin mengalami kram pada saat setelah Anda makan. Biarkan tubuh Anda beristirahat setelah makan lalu pergi ke air.
  • Berenang adalah cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Bentuk olahraga ini akan merangsang seluruh tubuh Anda dan dapat meningkatkan metabolisme seiring waktu. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, berenanglah setidaknya selama dua puluh menit tiga atau empat kali setiap minggu.
  • Berenang sangat menenangkan dan telah dibandingkan dengan yoga dan meditasi dalam hal efeknya yang menenangkan pada pikiran dan tubuh.

Jadi, sering-seringlah berenang dan ingatlah bahwa beberapa orang paling cerdas dan kreatif di dunia memilih berenang sebagai bentuk latihan dan relaksasi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *